Program BISA bantu pemerintah putus siklus stunting antargenerasi

Program BISA (Bersama Indonesia Sehat Aktif) merupakan program yang dirancang untuk membantu pemerintah dalam memutus siklus stunting antargenerasi di Indonesia. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis yang dapat berdampak pada perkembangan fisik dan mental anak. Masalah stunting ini seringkali terjadi secara turun-temurun dalam suatu keluarga atau generasi, sehingga sangat penting untuk segera diatasi agar tidak terus berlanjut ke generasi berikutnya.

Melalui Program BISA, pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti organisasi kesehatan, lembaga pendidikan, dan komunitas masyarakat untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada keluarga yang berisiko mengalami stunting. Program ini mencakup berbagai aspek, mulai dari edukasi tentang gizi dan pola makan sehat, pemberian suplemen gizi bagi anak-anak yang membutuhkan, hingga pembinaan dalam hal pola asuh dan perawatan anak.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam Program BISA adalah memberikan pendampingan kepada ibu hamil dan ibu menyusui dalam hal gizi dan pola makan yang sehat. Hal ini penting karena kondisi gizi ibu saat hamil dan menyusui akan berdampak langsung pada pertumbuhan dan perkembangan janin serta anak. Selain itu, juga dilakukan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya memberikan makanan bergizi kepada anak sejak dini agar dapat menghindari stunting.

Dengan adanya Program BISA, diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memutus siklus stunting antargenerasi di Indonesia. Dengan menjaga kesehatan dan gizi anak sejak dini, maka generasi masa depan akan tumbuh dengan baik dan memiliki potensi yang optimal. Selain itu, dengan meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya gizi dan pola makan sehat, diharapkan angka stunting di Indonesia dapat turun secara signifikan dan tidak lagi menjadi masalah yang menghantui generasi masa depan.