Diet dengan minyak zaitun kurangi risiko kematian akibat demensia

Dalam beberapa tahun terakhir, minyak zaitun telah menjadi semakin populer sebagai bagian dari diet sehat. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung dan kulit, studi terbaru menunjukkan bahwa minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat demensia.

Demensia adalah kondisi neurodegeneratif yang sering kali terjadi pada orang tua dan dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, mengingat, dan berfungsi sehari-hari. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Spanyol menemukan bahwa minyak zaitun memiliki senyawa yang disebut oleokantal, yang dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur memiliki risiko kematian akibat demensia yang lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsinya. Oleokantal dalam minyak zaitun diyakini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, yang penting untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif. Dengan mengganti minyak lain dalam diet Anda dengan minyak zaitun, Anda dapat meningkatkan asupan lemak sehat dan melindungi otak Anda dari kerusakan.

Meskipun hasil penelitian ini sangat menjanjikan, perlu diingat bahwa diet sehat yang terdiri dari berbagai jenis makanan dan minum air yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan otak Anda. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan minyak zaitun ke dalam diet Anda dan nikmati manfaat kesehatannya.